Kelas Berbayar Atau Gratisan?

"Mbak saya gak jadi ikut. Ternyata kelasnya bayar"

Dengan geli saya membaca chat wa dari seorang (mantan) calon murid. Hari itu saya mengiklankan kursus bahasa inggris Ican Course di fb dan ig. Lalu ketika ada wa masuk, reaksinya seperti ini. Wkwkkw. Enaknya dibalas apa ya?

Akhirnya saya balas gini:
Maaf dear, there's no free lunch in this world. Gak ada yang gratis di dunia ini, lha ke toilet umum aja bayar.

Saya lupa ia menjawab apa. Tapi wa itu membuat saya berpikir, apa benar kelas gratisan lebih menarik? Bahkan ada yang berprinsip bahwa ilmu itu gratis karena pemberian dari-Nya. Hmmm....

 Jujur saja saya pernah ikut kelas gratis di grup fb maupun wa, beberapa kali. Ada kelas menulis dan juga marketing. Lalu endingnya gimana?

Di kelas marketing, ditawari untuk ikut kelas berbayar. Jadi yang gratisan hanya pancingan aja, uhuks!

Di kelas menulis, rup fb-nya kosong melompong, semangat dari anggotanya hanya ada di awal. Pengurusnya sibuk sendiri-sendiri. Mungkin anggotanya mikir "alah, kelas gratis aja. Gak setor tulisan juga gak ada resikonya".

Jreng jreeng, beginilah kalau gratis, jadi diremehkan. Ican Course juga beberapa kali buka kelas gratis, hasilnya juga hampir sama. Ada yang keluar grup tanpa izin, ada yang hanya menyimak kelas tanpa menyetorkan tugas akhir.

Padahal ada murid lain yang benar-benar serius dan butuh kemampuan bahasa inggris untuk kemajuan mereka. Ada seorang owner aplikasi ojek online khusus wanita yang akan kuliah ke luar negeri. Juga ada seorang pelayan rumah makan yang akan daftar kejar paket C.



Akhirnya kami menghapus kelas gratis dan menerapkan biaya 250.000 untuk 8x pertemuan. Kelasnya melalui WA, gurunya juga butuh uang untuk beli pulsa, hehehe. Harganya masih wajar kan. Dengan membuka kelas berbayar, semoga murid-murid lebih serius belajarnya.

Kalau kamu gimana, suka ikut kelas gratis atau berbayar?

Komentar

  1. Yg berbayar. Kalo udh dgr gratisan, jujurnya mindsetku lgs mikir, "bakal bagus ga tuh kelasnya? Gratisan sih soalnya" . Krn yg aku cari dr kls2 ato workshop begini ya ilmunya mba. Logika aja, itu guru2nya kalo disuruh gratisan bakal semangat ga share ilmu yg penting2nya :p

    BalasHapus
  2. Biasanya yang gratis asyik di awal saja mba. soalnya saya pengalaman.

    BalasHapus
  3. Bener banget mbak, kelas gratis umumnya semangatnya didepan aja. Setelah sampai di tengah jalan udah males-malesa. Kalau saya lebih milih kelas berbayar soalnya kita punya hak bertanya sesuatu yang belum pernah pelajari dalam kelas. Selain itu, dengan kelas berbayar kita jadi semangat belajar. Rugikan udah bayar tapi gak dapet apa-apa pas selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap..makasih sudah berkunjung mas

      Hapus
  4. Aku suka gratisan tapi untuk ilmu2 pemula. Nah kalau mau level lebih serius ya sebaiknya berbayarlah biar "berasa" belajarnya dan gak suka bolos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bolos sayang uang.pendaftarannya :)

      Hapus
  5. Klo saya mah asalkan ilmunya bener2 berkualitas n butuh banget. Nggak apa 2 bayar juga. Yang pnting dpt ilmu hehehe. Bner ya bun. K kamar mandi aja bayar apalagi utk menuntut ilmu 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba..makasih dah berkunjung :)

      Hapus
  6. Mak itu kelase modelnya gimana? Aku mau anakku bisa conversation, usia 8thn.

    BalasHapus
  7. kok aku penasaran dibales apa mba hahaha pas mba jawab begitu?terkadang memang orang pengen gratisan komitmennya juga rendah karena tadi merasa ah palingan juga ga serius bla-bla hehehe. Terasa sekali sama akang suami yang bikin kursus online tapi alhamdulilahnya banyak yang tetap minat meski bayar 250rb juga mba hehehe..

    BalasHapus
  8. Aku pernah bikin kelas blog gratisan dan bener hampir semuanya semangat di awal saja karena merasa ga rugi udah ngeluarin duit. Baiknya memang berbayar tentunya dengan cara yang lebih pro dan hasil yang memuaskan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menghadapi Suami Pelit

Pekerja Serabutan Atau Multitalenta?

Lima Kesalahan Seller yang Membuat Buyer Batal Membeli