Masak ngebut untuk sarapan? Bisaa



“Kriing!”. Jam weker berteriak, sudah jam 5 pagi. Angin dingin berhembus, menusuk tulang, ingin rasanya tidur lagi. Tapi matahari makin meninggi. Pagi hari adalah waktu paling hectic bagi mama. Setelah mandi dan berdandan, menyapu,  lalu masak sarapan untuk keluarga tercinta. 

Memasak itu asyik dan juga lumayan butuh waktu, mengupas bawang, menyiangi sayuran.Wah, anak-anak bisa terlambat karena menunggu mamanya yang tak kunjung selesai masak. Lebih baik tidak sarapan daripada disetrap bu guru. Tapi kasihan jika mereka malah masuk angin. Daripada puyeng, yuk baca tips masak ngebut ini:

1. Sediakan bawang putih bubuk di dapur
Di minimarket banyak lho ma bawang putih dalam bentuk bubuk. Jadi kalau mau bikin capcay, gak usah kupas kupas bawang lagi.Tinggal tabur di atas wortel dan sayuran lainnya.Masak deh. Praktis!

2. Kalau tidak ada bawang putih bubuk, pakai senjata lain yaitu parutan keju. Setelah bawang dikupas, cuci, baru diparut dan ditumis. Gak usah ngulek atau memblender bawang, hehehehe.
Hati-hati ma, di pagi hari kan masih mengantuk. Kalau terlalu asik mengiris bawang, jari bisa kena pisau. Jadi lebih aman pakai parutan.

3. Persiapkan bahan masakan di malam hari. Membersihkan wortel dan buncis, mengiris rapi. Paginya, saat akan masak sop, tinggal plung, matang deh. Syedaap.

4. Bikin sarapan praktis, misalnya roti bakar, atau sandwich, yang membuatnya tidak terlalu sulit dan tidak memakan banyak waktu

5. Capek masak? Langganan katering atau beli di warung, hehehehehe. Tentunya disesuaikan dengan budget kita.

Ada yang punya tips lain?

Komentar

  1. Makanan 'instan'=beli di warung. Hihi

    BalasHapus
  2. Aku juga gitu. Segala bawang2an udah dikupas, taro kulkas
    Sayuran buat besok dipotong malam. Jadi besok pagi tinggal cemplang cemplung
    Kadang untuk lauk kayak ayam gitu ku buat sore/malam, jadi pagi tinggal diangetin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow..mbayangin ayam betutu bikinan mba Arni :)

      Hapus
  3. Kalo saya biasanya bawang merah bawang putih habis beli langsung dikupasin kulitnya..simpen di wadah tertutup terus masuk kulkas..
    jadi kalo mau masak tinggal di geprek atau diiris aja..tapi banyakan digeprek sih karena suka males kalo harus potong potong bawang hehe

    BalasHapus
  4. Biasanya pas wiken suka ungkep ayam atau bumbuin ikan, pas dibutuhkan langsung goreng. Atau sedia nuget or sosis gtu. Kalau males masak tinggal goreng dimakan dengan kasi saos botol hahaha :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anak2 mah sukanya nugget ya wwkwkwk

      Hapus
  5. Kalau aku kadang masih sempat masak pagi mb. Selebihnya jajan sih hahaha
    Biasanya aku jg udah potong2 sayurannya. Paginya tinggal plung masak deh

    BalasHapus
  6. Kalau tinggal di perkampungan kayak kami, aman, tetangga banyak yang jualan. Tapi walau gimanapun, sarapan yang dibuat langsung sama ibu, mesti juara :)

    omnduut.com

    BalasHapus
  7. Tos mbak. Aku kalau mau bikin sesuatu di pagi hari, sejak sore atau malam pasti sudah kusiapin. Kalo semua dilakukan pagi2 pasti buru2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Rien..kalau keburu2 biasanya ada yg keselip

      Hapus
  8. Hhhh..point 5 menarik..dan saya sering melakukamnya...hhh

    BalasHapus
  9. Aku juga lebih sering jajan di warung. Soalnya kalo masak sering gak dimakan karena cuma sendirian atau berdua. Hehehe

    BalasHapus
  10. Hahaha... Klo sy lebh suka sedia baceman bawang atau bumbu dasar dan masak tinggal cemplung bun

    BalasHapus
  11. Hahaha... Klo sy lebh suka sedia baceman bawang atau bumbu dasar dan masak tinggal cemplung bun

    BalasHapus
  12. Kalo pagi biasanya anak-anak sarapan yang praktis-praktis aja. Telor ceplok atau ayam goreng yang sudah diungkep malemnya

    BalasHapus
  13. Saya salut dengan mama yang bangun pagi memastikan asupan nutrisi utk keluarganya. Karena awal yg baik menjadi doa utk keberlangsungan kegiatan selanjutnya....

    BalasHapus
  14. Kalau sarapan, saya suka bikin yg simpel aja. Justru kewalahannya kadang kalau bangun kesiangan tp belum bikin bekal mkn siang buat jav...

    BalasHapus
  15. Sarapan itu sih asyiknya yg simpel aja, soalnya yg masak juga masih ngantuk. ��

    BalasHapus
  16. mba merk apaan yang bawang putih bubuk?ko aku kudet yah hahaha..aku siy terbiasa masak jd subuh mesti trang treng trong suamiku bekal dan anakku juga makan agak rempong tapi berasa kek ikutan master chef diburu waktu hahhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mbak, biasanya saya beli di giant/superindo..maaf lupa merknya

      Hapus
  17. kalau di perumahan tempat tinggalku, banyak warung yg buka dari jam setengah 6
    segala macam masakan dan kue tersedia
    jadi kalau pas penyakit malas keluar....cusss ke warung aja hehehe

    BalasHapus
  18. Weh ada ya bawang putih bubuk. Iya kalau ada bumbu bubuk, masak juga bisa makin cepat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menghadapi Suami Pelit

Pekerja Serabutan Atau Multitalenta?

Sayangilah Suamimu Sebelum Ia Mati