Bakmi Piring Terbang, Bikin Liburan di Rumah Jadi Menyenangkan

Desir ombak menggelitik pendengaran. Burung camar beterbangan. Aroma laut memanggil-manggil. Tapi semua hanya ada di dalam khayalan. Karena liburan ini saya dan Saladin (anak tunggal saya) hanya berduaan dan menghabiskan waktu di rumah.
 
Kami tidak berlibur ke luar pulau atau keliling kota, karena Saladin kurang enak badan. Anak yang sakit memang mudah rewel, tapi mood tidak jadi turun. Karena ada rencana berkreasi di dapur.
Makanan favorit Saladin adalah mie, jadi kali ini saya akan memodifikasi bakmi mewah menjadi bakmi piring terbang. Haa, piring terbang? Daripada penasaran, yuk kita baca resepnya di bawah ini.

Bakmi Piring Terbang dengan Saus Oriental

Bahan:
-1 bungkus bakmi mewah
-1 butir telur ayam
-1/2 batang wortel
-garam, merica bubuk, dan gula secukupnya
-air secukupnya
-1/2 sendok makan kecap manis
-1/2 sendok makan saus tomat
-1/2 sendok makan saus tiram
-1/3 bawang bombay ukuran besar

Cara membuat:
-Rebus bakmi mewah di dalam air mendidih selama 2 menit, lalu tiriskan.
-Di dalam mangkuk, campur bakmi, telur ayam, sejumput garam dan merica, aduk rata.
-Panggang di wajan teflon sampai matang, apinya kecil saja ya.

Nah selanjutnya kita buat saus orientalnya:
-Kupas wortel, bersihkan, potong dadu kecil
-Cincang bawang bombay
-Tuang minyak (yang ada di dalam kemasan bakmi mewah) ke dalam wajan, masukkan bawang bombay,   baru nyalakan kompor. Tujuannya agar bawang bombay tidak cepat gosong. Tumis dengan api kecil sampai harum.
-Masukkan potongan wortel.
-Beri air secukupnya, aduk rata.
-Masak sampai wortel setengah matang.
-Masukkan daging ayam dan kecap (yang ada di dalam kemasan bakmi mewah).
-Tuangkan air secukupnya.
-Beri kecap manis, saus tomat, dan saus tiram.
-Taburkan sejumput garam, merica, dan gula, aduk rata, masak sampai bumbu meresap ( dengan api kecil saja).

Penyelesaian:
Tata bakmi di piring, siram dengan saus oriental. Hidangkan panas-panas.
Hmm, siapa yang sanggup dengan godaan bakmi? Aroma sedap yang menggelitik hidung benar-benar menggugah selera makan. Membuat kita ingin menyantapnya lagi dan lagi.


Saladin yang baru saja terbangun dari tidur siang langsung tersenyum saat melihat kreasi bakmi mewah buatan saya. Setelah cuci tangan dan berdoa, ia langsung menyantapnya. Nyam nyam, enak. Wow, langsung tandas! 

Ekspresi Saladin saat makan bakmi
 Bakmi mewah jadi makanan favoritnya karena ada potongan ayam yang menambah gurih rasanya. Daging ayamnya asli, bukan daging abal-abal yang terbuat dari gluten. Rasanya sedap dan ada sedikit aroma smokey. Jamur yang kenyal menimbulkan sensasi unik saat bersantap. Mantap, enak dan juicy.

Tekstur mie pada bakmi mewah ini kenyal, licin, tipis, lembut, dan tidak mudah putus. Sehingga cocok untuk dikreasikan menjadi berbagai macam menu. Tapi bakmi yang original juga sudah enak, karena rasanya tidak tajam di tenggorokan. Jadi dijamin gak bikin tenggorokanmu haus. 

Tak hanya enak, bakmi mewah juga bergizi. Bakmi terbuat dari tepung terigu sebagai sumber karbohidrat, yang berfungsi sebagai penghasil energi. Daging ayam memiliki kandungan protein hewani yang baik untuk pertumbuhan otot dan juga berfungsi sebagai pembentuk antibodi.

Jadi, kalau kamu liburan di rumah saja, gak usah baper. Ada bakmi mewah yang bisa menggurihkan harimu yang tadinya kelabu. Walau hanya makan di rumah, tapi rasanya seperti bersantap di restoran. Liburan biasa jadi istimewa. Perut kenyang, hati senang, dan senyum keluarga mengembang.








Komentar

  1. Saya kira terbang beneran mbak.. 😄😄

    BalasHapus
  2. Bisa diterbangin beneran nih. Terbangin ke mulut aku..hehe

    BalasHapus
  3. Ngilerrr maaakkk...

    Jd pengen buat jg...

    www.okinomosaa.com

    BalasHapus
  4. Mie nya enak, menurutku taste cocok buat anak-anak ya. Bumbumnya tidak trlalu tajam apalagi ada minyak wijennya tergolong msih aman buat anak

    BalasHapus
  5. Aku tempo lalu masak, mungkin ga ahli jadi agak matengan. Cuma tetap asik aja buat dimakan.

    deddyhuang.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Koh, masaknya cukup 2 menit :D

      Hapus
  6. Nunggu piring terbangnya sampai ke rumahku :D

    BalasHapus
  7. Mau dong piring terbang beserta isinya ;)

    Btw, enak ya kreasinya, Mbak.

    Moga sukses, yah.

    BalasHapus
  8. Mbak keren namanya,aku jadi bayangin ada piring berterbangan dimana-mana berisi bakmi...hihihi

    BalasHapus
  9. Hehehheh makasih.. Mba Vety ikutan challenge ini kah?

    BalasHapus
  10. Waaaa jadi pengen maem bakmi mewah euy
    Cus ke dapur ah

    BalasHapus
  11. Bakminya terbang ke perut, piringnya terbang ke waastafel ya :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menghadapi Suami Pelit

Pekerja Serabutan Atau Multitalenta?

Lima Kesalahan Seller yang Membuat Buyer Batal Membeli