Tips Menghadapi Suami Pelit

Suatu malam..
"Pa, tas mama sudah rusak nih. Talinya lepas, kulitnya terkelupas", sambil menyodorkan tas.
Lalu suami mengambil uang di dompet, berapa hayo?


"Papaa ! Itu kan gak cukup buat beli tas baru? Cuma ceban"
Sang suami dengan santai berkata, "ya ma, itu buat servis."

Pernahkah menghadapi situasi seperti itu? Atau malah gak dikasih uang, sekedar untuk servis tas rusak? Punya suami pelit memang menyebalkan. Saat harga bahan makanan naik, eh uang belanja cuma 15.000 rupiah per hari. Daripada bete, lebih baik baca tips di bawah ini.

1. Masak Monoton

Tiap pagi masak nasi goreng (tanpa tambahan lauk). Siang goreng tempe, malam bikin sambal tempe. Kalau suami protes, berikan brosur supermarket yang isinya harga daging sapi dan ayam. Biar beliau tahu, harganya berapa. Jadi kalau uang belanja minim ya gak bisa makan enak.

2. Beli kosmetik+ skincare saat belanja mingguan/bulanan

Ada lho suami yang ga mau tau , gak kasih anggaran khusus untuk beli skincare. Tapi ingin punya pasangan yang cakep dan kinclong bagai artis korea. Eaaa. Jadi, kalau belanja bulanan atau mingguan, sekalian aja beli facial wash, krim malam, dll. Toh dia yang bayarin di kasir.

3. Menyindir

Suatu malam, suami curhat "mah, powerbank ku ketinggalan di kantor. Besoknya pas aku cari dengan teliti, kok gak ada ya?". Istri sudah memasang wajah simpati dan berkata "Lain kali hati-hati ya pa. Makanya, jangan medit ama istri. Uang untuk beli powerbank baru kan mending buat beliin tas mama ". XD

4. Menanam Cabe/tomat dan bumbu dapur lain

Suami suka makan pedas, sementara harga cabe naik terus? Daripada nggrundel karena uang belanja gak dinaikkan, lebih baik ambil pot atau bungkus minyak goreng. Plastik pembungkusnya kan bisa buat media tanam cabe dan tomat, atau bumbu lain (jahe, kunyit, dll).Cara menanamnya bisa googling sendiri ya. Jadi ga usah panik kalau mau bikin sambal.

5. Garage Sale

Saat buka IG, waah ada gamis kece. Lalu banyak friendlist yang upload jadwal midnight sale di mall. Tapi saat ngajuin proposal ke suami, dia malah bilang , "garage sale aja ma. Koleksi baju dan tas lama dijual dulu, baru beli lagi".

Apa???

Senyumin aja, lalu bisikin telinganya, "OK, tapi koleksi figurin dan sepatu boots Papa aku foto ya, buat tambahan barang di garage sale. Lumayan buat nambah ongkos taksi".
Skor 1-1. Hehehehe.

6. Berdoa

Sifat pelit bin medit adalah bukti cinta dunia yang berlebihan. Daripada dongkol dalam hati, lebih baik berdoa dengan khusyuk. Semoga Tuhan mengubah sifat jeleknya.
Ada yang punya tips lain?

Komentar

  1. Hahaha masak monoton yang kayaknya bisa berhasil ya mbaa :p

    BalasHapus
  2. haha setuju, masak monoton. Aku ada lagi tipd andalan, kalo dia beli baju dorong2 beli yang mahal, pas kita beli sesuatu dia protes, ungkit deh hihihi

    BalasHapus
  3. hehehhh, saya jarang minta sama suami kalau soalan printilan2 macam skincare dan tas-tasan, :D

    BalasHapus
  4. Wkkk..yang No 1 aku bnget. Klo udah menu tahu/ tempe lebih dari dua hari..trus cuma dibolak-balik...tandanya uang di dompet dah koleps. Biasanya suami sadar...trus paginya dikasih suntikan dana☺☺

    BalasHapus
  5. Hihihihi, ngatur keuangan bareng emang lucu2 nyebelin ya. Tipsnya kalau kami apa ya.... Dari awal karena sudah dipos2, jd strict, kalau saya berhasil menghemat di salah satu pos, baru bisa saya tabung buat hobi saya yg aneh2 kaya beli buku, skincare atau alat crafting/ blogging. Yg bisa diirit biasanya uang transport ama makan ama pulsa. Kalau masih kurang, saya nyari uang tambahan, hihihi. Entah jualan atau ikut lomba2 blog. Terakhir, barang yg blm diizinin suami buat dibeli itu lighting buat foto2, karena mmg mahal dan kami lg hemat buat persiapan lairan. Cm suami ternyata ngusahain jg, ga kebeli lighting benerannya si, tapi beliau mau beliin lampu belajar yg jauh lebih murah dan ngesetin instalasinya di meja. Jadi lighting darurat bikinannya sendiri. Saya jadi terharu..... PR saya memperlihatkan klo barang yg dia belikan ga sia2. Biar klo ada rejeki lagi suami semangat jg dukung dananya.... Waaaaahhhh panjang commentnya, malah curhaaaaattt maap maap buuund....

    BalasHapus
  6. waah lagi hamil ya? selamaat :D

    BalasHapus
  7. hihi, tambahan mba, tambah giat ngeblog cari tambahan... :D

    BalasHapus
  8. huahahahaha aku ga bisa bayangin kalo suamiku pelit...errrrr kayaknya nggak mungkin karena semakin pelit dia semakin galak istrinya ini...huahahaha...

    BalasHapus
  9. Tipsmu gak ada yg mempan buat aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..wah..coba jurus terakhir aja mba

      Hapus
  10. Tips no 1 ini manjur klu uang belanja makin mungkret. Bukan karena pelit sih, tapi kepotobg buat byr cicilan hahaha

    BalasHapus
  11. Hehehe tipsnya lucu-lucu
    Belum ada yang kucoba sih, soalnya sejauh ini belum butuh
    Lha suamiku itu kalau aku galau memilih antara dua barang yang semua ku suka, malah nyuruh beli aja semuanya. Prinsipnya dia, "lebih baik menyesal karena beli daripada menyesal karena gak beli!'
    Kalau neyesel karena beli, bisa dijual lagi atau dihibahkan ke orang lain
    Nah kalau nyesel karena gak beli, bisa kebayang2 dan bikin uring-uringan sampai harus balik lagi. Mending kalau belum laku, kalau udah laku, makjaaaan itu nyesek hahahaha

    BalasHapus
  12. Bojone koleksi figurine? Figure cewe dung?

    BalasHapus
  13. aku to the point aja wes mbk, langsung bilang, hahayyy
    suami kaga peka soalnyah, wkwkwkwk

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah suamiku gak pelit, xixixixi

    BalasHapus
  15. suka takut ngomongin hal sensitif macam begini sama suami, tapi pelan-pelan dibangun deh sama-sama..

    BalasHapus
  16. Hahahaha. Lucu tipsnya eh tapi bener juga siii. Kalo saya biasanya misal uang bulanan udah mefettt, langsung cari cara gimana supaya besok punya duit lagi. Ya, iseng-iseng pejeng foto di Whatsapp story, barang dagangan. Eh, ada yang nyantol. Alhamdulillah...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pekerja Serabutan Atau Multitalenta?

Lima Kesalahan Seller yang Membuat Buyer Batal Membeli