Tips Aman Berkendara Motor Saat Pakai Gamis

Krak!
Saya meraba gamis bagian bawah. Sementara pengendara motor di sebelah kanan menghentikan lajunya. Ia memberi kode pada ayah untuk berhenti dan menepikan motor. Bisikan berhembus ke telinga pengendara, "Ayah, gamisku tersangkut jeruji ban motor". 

Dengan muka merah menahan malu, saya turun dari sepeda motor. Ya Tuhan! Hampir separuh gamisku sudah tertelan oleh jeruji. Ayah mencoba memundurkan sepeda motornya, namun terlambat. Gamis itu sudah tercengkram, tak bisa keluar begitu saja. Seorang bapak tua berhenti dan mencoba membantu kami untuk menarik gamis, tapi sia-sia. Lalu ia berinisiatif untuk meminjam pisau dari warung yang berada di dekat lokasi kejadian, dan, "breet!". Gamis warna hijau itu terpotong, hanya tersisa 5 cm di bawah lutut.

Ayah hanya bisa mengomel karena saya tidak menuruti nasihat Mama untuk duduk di boncengan menghadap ke depan. Saat itu, kami terburu-buru berangkat, hendak membeli sate ayam untuk makan malam. Saya hanya mengenakan legging selutut, jadi malu untuk duduk menghadap ke depan, karena betis saya bisa terekspos. Tapi sekarang lebih malu lagi, karena harus berjalan menuju warung sate dengan baju compang camping berlumur oli.

Matahari mulai meremang, sudah hampir maghrib. Saya bersyukur pada Tuhan karena hari sudah menggelap, tak banyak orang yang menyaksikan kejadian naas itu. Setelah membeli sate, kami segera pulang. Sampai di rumah, saya segera masuk kamar untuk mengganti baju. Sambil setengah menyesal, gamis sebagus ini berakhir dengan tragis, padahal saya baru membelinya sebulan yang lalu.

Teman-teman, hati-hati ya kalau pakai gamis dan naik sepeda motor. Jadi pengendara maupun pembonceng bergamis memang harus super waspada, agar baju tidak terjepit jeruji. Biar aman, lakukan tips-tips di bawah ini:

1. Saat dibonceng, duduk menghadap ke depan, bukan ke samping.  Jika duduk menghadap samping, resiko gamis tertelan jeruji akan lebih besar. Walaupun sudah menghadap depan, angkat sedikit gamis, agar lebih aman.

2. Gunakan legging yang panjangnya se-mata kaki atau celana panjang berwarna gelap sebelum  memakai gamis. Jadi kalau dibonceng menghadap kedepan, tetap menutup aurat, walau posisi gamis terangkat. 

3. Angkat sedikit gamis saat berada di atas sepeda motor. Walaupun kamu jadi pengendara, tetap saja ada resiko ujung gamis tertelan jeruji roda. Jadi harus super hati-hati.

4. Bacalah doa sebelum berangkat. Semoga Tuhan selalu melindungi saat berkendara.

5. Pilih-pilih koleksi baju gamis modern saat akan bersepeda motor. Sebaiknya pakai gamis klok atau model gamis yang lurus, bukan model umbrella yang melebar ke bawah. Mengapa? Karena gamis payung alias umbrella memiliki bagian bawah yang lebih lebar dan berpotensi masuk jeruji.

Bingung cari gamis di mana? Di MatahariMall.com ada banyak pilihan koleksi baju gamis modern. Tak cuma gamis panjang se-mata kaki, ada gamis yang panjangnya 3/4 . Tersedia koleksi baju gamis modern yang berwarna warni, dan bisa sekalian beli legging lho. 

Gamis yang ini cakep kan? Terbuat dari kain katun yang menyerap keringat, jadi gak gerah. Warnanya juga kalem dan feminin, kamu bisa tampil cantik seperti putri.

 
 Atau lihat yang ini, terbuat dari bahan jeans. Bikin kamu terlihat modern dan gaya.


Ini juga keren, berwarna hitam, jadi terkesan melangsingkan tampilan. Warnanya membuatmu terlihat classy dan molek. 

Bulan depan kita merayakan hari raya Idul Adha. Sudah punya baju gamis untuk dipakai saat shalat ied? Borong yuuk. Tersedia dalam berbagai ukuran, dan harganya terjangkau. Ada diskon 20 -30 % pada beberapa produk baju dan bisa juga dicicil dengan bunga 0 %.

Jangan khawatir dengan ongkos kirim. Ada produk yang berlabel free ongkir lho. Nyampainya juga cepat, hanya 3-8 hari kerja.

Pilih koleksi baju gamis modern yang cocok untuk dipakai ketika bersepeda motor. Teman-teman bisa berkendara dengan aman, nyaman, dan tetap stylish.

Komentar

  1. Aku pernah kesangkut rantai motor hiks. Bukan pas pake gamis. Tapi pake rok yg model umbrella. Emg rawan deh kalo yg lebar gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..sekarang ada yg lebar rok nya sampai 140 cm..cantik sih..tapi beresiko

      Hapus
  2. Walaupun saya tidak pakai gamis, tapi saya suka pake rok atau dress pada saat naik motor. Terima kasih untuk tipsnya mba. Salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal ;)

      Iya harus super hati hati

      Hapus
  3. kalo aku pernah lihat mbak2 (adek2 kali ya) usia anak kuliahan gitu, cardigannya yang nyangkut. kasihan liatnya dia tarik2 ga bisa lepas. kalo cardigannya dilepas ketiaknya bisa melambai2

    oh ya kalo naek eskalator juga ati2, gamisku pernah nyangkut di eskalator. untung suami tanggap

    BalasHapus
    Balasan
    1. serem banget kalau gamis kecepit di eskalator

      Hapus
  4. selain itu model yang melebar itu kalau ajdi pembonceng juga suka menutupi lampu belakang dan itu mebahayakan, sering lihat dan banyak yg hamoir nabrak, karena gak tahu kalau itu mau belok karena ketutup lambaian gamisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiii iya serem banget
      makasi sharenya

      Hapus
  5. hihi iya tuh mba, kalo pake gamis/rok suka nyangkut di motor :)

    BalasHapus
  6. Syukurlah aku kalau pake gamis nggak nyangkut di motor. Duh takut kan kalau nyelip gitu mba. Mmh gamis hitam kece mbaa

    BalasHapus
  7. gamisnya cakep2 mba. memang harus ekstra hati2 jika naik motor menggunakan gamis atau rok

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..praktisnya sih pakai celana ya...
      kalau pakai baju yg panjang harus ekstra hati hati

      Hapus
  8. Ivon juga pernah ngalamin, untung ga sampe jatuh tapi gamis lebarannya yang baru jadi korban robek dikit dan ada bekas pelumas rantai gir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, yang penting selamet..

      Hapus
  9. aku kesangkut dua kali, untung ga kelindes :(
    sekarang aku pake leging, takut soalnya Kak.

    BalasHapus
  10. Yang penting kakinya gak kelindes ya

    BalasHapus
  11. mak kalau duduk samping juga bisa aman, bagian belakang gamis diangkat dulu secukupnya trus diduduki.
    secara untuk protap keamanan berkendara di jalan raya yang aman bagi pembonceng adalah duduk nyamping mak...
    tapi kadang aq juga duduk hadap depan, lebih nyaman ya... hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak
      kalo hadap samping aku takut ngguling

      Hapus
  12. wah aku pernah dulu pas jaman2 sekolah, masuk eruji dan harus dipotong, utk ga jatuh, duh ngeri..gamis 3/4 sekarang cocok utk traveling mb, hehe

    BalasHapus
  13. no way, gak direkomendasikan naik motor pakai gamis *ngebayangin emak emak naek motor pake gamis* hihihiii.. celana tetap yang lebih aman dari gamis.

    BalasHapus
  14. Pengalaman berharga yah? :)
    Btw, itu gamisnya di Mataharimall cantik-cantik. Naksir sayah ... ^^

    BalasHapus
  15. Iya..pengalaman adalah guru terbaik

    Gamisnya cakeop, diskon pula :D

    BalasHapus
  16. klo sodara saya pernah sampai jatuh pas roknya nyangkut :(
    suka model gamis yg trakhir...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiih moga sehat terus sodaranya

      Maap baru balas

      Hapus
  17. Saya pernah boncengin istri, untung saja pakai motor matic dan velgnya racing

    BalasHapus
  18. jangankan gamis aku dulu pernah pake celana yg model kulot lebar itu pun nyangkut hehehe..
    makasih tipsnya

    BalasHapus
  19. memang rada susah ya kalau pakai gamis panjang dan naik motor, tapi asal di pegangin sih ngak masalah ya.

    BalasHapus
  20. Iya :)

    Makasih kunjungannya

    BalasHapus
  21. Musti lebih hati-hati, Sob! Gak ada larangan juga kok bermotor pake gamis, salut buat kamu yang "stand on yor way"! :)

    BalasHapus
  22. dulu pernah trauma pas denger ada temen kuliah terjatuh dari montor karena kesrimpet baju gamis hiks

    BalasHapus
  23. bagus-bagus gamisnya *salah fokus hehehe

    BalasHapus
  24. aku jg pernah ngalamin naik motor dan baju kesangkut jeruji ban :D... mana kainnya halus, udah siap2 hrs rela deh baju robek dan lgs dipensiunkan dr lemari :D.. makanya kalo lg pake rok ato gaun, aku lbh milih naik mobil ato taxi mbak.. motor itu kalo memang lg pake celana saja :D..

    BalasHapus
  25. Blm pernah ngalami, tapi klo motoran aku nyaman pke celana panjang sih mb. Pake rok/gamis klo acara ke nikahan/formal bnget..

    Btw, gamis jeansnya bagus. Casual gitu gayanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai gamis emang amannya naik mobil ^^

      Hapus
  26. Untung gak jatuh mba, nenek saya pernah jatuh karena gamisnya masuk teralis motor, akhirnya masuk rumah sakit lumayan lama

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menghadapi Suami Pelit

Pekerja Serabutan Atau Multitalenta?

Lima Kesalahan Seller yang Membuat Buyer Batal Membeli