Postingan

Menampilkan postingan dari 2015

Jilbab Sederhana yang Nyaman di Hati

Gambar
Selembar kain bernama pashmina itu menjadi perisai, jika digunakan untuk menutup rambut, leher,dan dada. Hijab, jilbab, apapun istilahnya. Menjadi penanda bagi seorang muslimah yang ingin taat kepada perintah-Nya.

Saya berjilbab sejak desember 2005, di ulang tahun saya ke-19. Alhamdulillah, berarti sudah 10 tahun saya berjilbab. Jilbab bukan hal asing bagi saya, karena mama, tante dan nenek semua memakainya.

Dulu demen banget baca majalah remaja, ikut trend kekinian. Jadi ketika memakai jilbab, saya berpikir harus pakai jilbab ala saya.  Harus modis dong, kan fashionista.

Jilbab favorit saya yang berbentuk seperti selendang, warna pink, tapi agak tipis. Jadi harus pakai dalaman jilbab warna putih. Karena jilbabnya panjang jadi bisa dililit seperti kepangan rambut, kadang dililit bentuk bunga, dll.  Artistik! Mencorong! Hanya itu yang ada di otak, harus dandanin jilbab setiap hari.

                                                               -jilbab lilit favorit saya-

Kebiasaaan pa…

Bekerja dari Rumah: Tantangan Menjadi Dasterpreneur Profesional

Gambar
Apa yang ada di pikiran anda tentang penampilan wanita karir? Berangkat ke kantor memakai blazer, bibir merah bergincu, tak lupa mengenakan sepasang sepatu. Oo itu dulu. Sekarang wanita karir bisa kerja hanya pakai daster, tanpa alas kaki. Kok bisa? Karena mereka bekerja dari rumah.

Kalau dulu, wanita yang bekerja dari rumah biasanya buka salon atau toko peracangan. Namun sekarang ada lebih banyak pilihan karir. Misalnya jadi content writer, penerjemah freelance, dropshipper, maupun buka toko online. Semua bisa dikerjakan sendiri, asal ada "peralatan perang" seperti laptop, modem, dan smartphone.

Merintis karir di rumah berarti menghemat pengeluaran transportasi, dan tak usah pusing menghadapi kemacetan di jalan. Hemat uang untuk beli  siang. Gajinya? Setiap fee akan ditransfer ke rekening. Asyik!

Kerja dari rumah memang menyenangkan, sudah hampir empat tahun saya mengerjakannya. Apa yang membuat saya memutuskan bekerja dari rumah? Karena ada pengalaman buruk di masa kecil.…

Plagiat? Nyontek? Enggak banget deh

Gambar
Beberapa waktu lalu saya baca status seorang rekan. Di dalamnya tersimpan nada kemarahan, ya gimana gak ngamuk kalau tulisannya dicontek habis habisan. Dan yang copas itu sering menang lomba lho..Yang lebih ajib lagi, bahkan live tweet aja dicontek. Haa?

Menurut kbbi plagiat adalah pengambilan karangan (pendapat dsb) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dsb) sendiri, msl menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri; jiplakan

Jadi tindakan plagiat menurut saya adalah MEMALUKAN diri sendiri. Pembaca tahu tulisan kita bagus, tapi eeh ternyata bikinan orang lain. Mukanya mau ditaruh dimana?

Kalau ada yang mencontek tulisan di blog kita bisa dilaporkan ke google DMCA.

Lalu teman saya bikin status , masih jengkel dengan orang yang sama, dan tanpa tedeng aling aling menyebutkan namanya. Teman lain menimpali, nih tulisan terbaru di blognya. Temanya tentang ditegur. Dia merasa bersyukur ketika ditegur, berarti ada yang perhatian blablabla.
Walah, kok sepe…

[Suka - Duka Hijabku] Tak Perlu Melepas Jilbab demi Mendapat Pekerjaan

"Jangan jangan kamu gak dapat pekerjaan karena berjilbab?", celetuk seorang teman ketika saya curhat padanya. Saya hanya bisa menatap lantai sambil memuntir muntir ujung jilbab. Ucapan tadi langsung JLEBB di hati.

Ya, sejak lulus  kuliah akhir tahun 2009, saya mengirim lamaran kesana kesini. Tapi belum ada panggilan. Seratus dua puluh hari berlalu, keadaannya tetap sama. Menganggur dan nelangsa.
Di bulan kelima, tiba tiba, "kring kring". Oh, ada telepon dari nomor tak dikenal. Ternyata undangan untuk tes tahap 2, yippie!

Esoknya, setelah mengerjakan tes, saya komatkamit berdoa, semoga lulus dan diterima sebagai pengajar. Tapi seminggu kemudian, tak ada kabar. Setelah saya telepon ke kampus itu, ternyata..Tidak diterima. Yah, mungkin karena saya belum punya gelar magister di bidang pendidikan bahasa inggris.

Ya sudahlah, mari kita coba melamar di tempat lain. Tapi setelah sebulan, dua bulan, hasilnya nihil. Hampir setengah tahun tidak punya pekerjaan. Tidak ada ua…

Selfie Bareng Pohon Kacang Panjang

Gambar
Siapa suka diet? Lirik perut sendiri. Aih, diet itu menyenangkan kok. Banyak yang salah persepsi, diet sama dengan tidak makan. Absen makan malam atau melompati waktu sarapan. Jadinya malah porsi makan selanjutnya makin banyak. Dan..gagal diet lagi dehh :(.

Padahal orang diet itu bisa makan 5x sehari, 3x makan besar, 2x ngemil. Asal, makanannya rendah lemak, misalnya makan nasi merah/nasi hitam, lauknya pepes tahu, cemilannya melon atau sayur sayuran.

Lalu apa hubungan antara diet dan kacang panjang?

Alhamdulillah sejak Emak (art) rajin menanam kacang panjang, bayam, pepaya, sudah tidak bingung mencari persediaan camilan. Tinggal memetik salah satunya, lalu eksekusi. Kali ini bikin pecel kacang panjang yuk! Bersihkan, potong potong, rebus, siram bumbu kacang, jadi deh cemilan sehat.


Pagi tadi lihat kacang panjang di pohon, hijau mengkilat dan segar. Nyam, bikin ngiler duluan. Jadi main kulum aja. Smartfrenku alias Emak cuma bisa bengong :D.

Kacang panjang, hijau warnanya, sejuta khasiat…

Pindah Dari Pondok Mama Indah

Gambar
Siapa bilang nebeng di rumah orangtua sendiri enak? Apa benar lebih baik tinggal di rumah orangtua daripada mertua?

Sudah lebih dari seribu hari pernikahan kami. Beribu pengalaman telah dikecap, menikmati pasang surut emosi, finansial, dll. Tapi ada satu hal yang sama yaitu "tempat tinggal". Ya, sejak awal menikah, suami setuju untuk tinggal di rumah saya, eh rumah orangtua saya. Karena di rumah orangtuanya sudah ada kakak ipar yang bermukim disana.

Menurut kepercayaan orang jawa kuno, dalam 1 rumah tak boleh ada 3 kepala keluarga. Nanti rejekinya seret. Kalau dipikir-pikir benar juga, karena semakin banyak orang di satu rumah, semakin rawan konflik. Dan itu bisa mempengaruhi mood dalam bekerja.

Memang ada banyak sisi positif dari nebeng di rumah Mama. Misalnya:

1. Orangtua tak perlu jauh-jauh pergi untuk menengok cucu  (anak kami). Sudah menjadi rahasia umum bahwa cucu lebih dimanjakan daripada anak. Apalagi cucunya baru 1 orang, laki-laki pula. Ia berusia dua tahun dan sedan…

Maafkan Mama, Nak !

Gambar
Saladinku tersayang,
Selamat ulang bulan ke-27. Maaf, seharusnya Mama menulisnya di ulangtahunmu yang kedua.

Mama menulis surat ini disaat kau terlelap. Alhamdulillah akhirnya kau tidur juga, setelah tadi tantrum luar biasa. Menolak makan nasi, hanya mau kue-kue penuh gula.

Maafkan mama yang kadang khilaf ketika kau tantrum, memarahimu lalu mencubit kakimu. Padahal sudah diingatkan oleh Ayah, Saladin jangan dimarahi melulu. Dan kemarin mama membaca tulisan tentang penelitian seorang profesor, ternyata anak yang dibentak, milliaran sel otaknya akan musnah. Dan ada anak tetangga yang ngomongnya tergagap-gagap karena dari kecil dibentak sang ayah.

Sekali lagi maafkan Mama yang kurang sabar. Mama capek, nak ! Biasanya kau tidur jam 10 malam. Tapi beberapa hari ini kau tidur jam 11, bahkan jam 12 malam. Menyusu terus menerus. Ayah sibuk di luar rumah, tak bisa bergantian menjagamu, masih banyak yang harus diurus. Sampai airmata mengalir karena kau tak kunjung tidur. Dan akhirnya kau tak te…

Malam Mingguan

Walaupun udah nikah tapi tetep boleh malam mingguan dong, hehehe...Malah udah halal. Sabtu malam kemarin kencan bareng hubby (plus saladin tentunya) ke daerah Sukun.

Romantic dinner? Enggaklah..Tapi ke resepsi pernikahan seorang teman, wakakak. Jam 5 sore udah deg-degan, takut gak jadi datang. Karena di luar hujan gerimis kecil kecil (biasanya hujan macam gini awet sampai pagi). Jam 6 sore hubby bilang gak jadi kesana, besok saja deh. Yaah gak jadi makan nasi goreng (modus) xixixi aslinya gak enak sama yang ngundang.

Alhamdulillah jam 7:30 malam hujan berangsur mereda. Hubby bilang ok ayo berangkat. Wah, buru buru bawa kado (kadonya sudah dibungkus sehari sebelumnya), dompet, dan peralatan saladin (baju ganti dll). Lalu ganti baju, pakai kerudung. Siap dehh.

Daerah Sukun jarang saya kunjungi. Lalu hubby mengarahkan motor dari perempatan cpm (dekat rampal) ke arah selatan. Lalu kami melewati daerah boldy. Mengapa dinamai Boldy? Entahlah, apa mungkin karena disana ada apot…

Membangun Sebuah Brand

Tadi pagi saya tertarik pada sebungkus kebab yang dijual di toko kue. Harganya hanya 5.000, ukurannya tentu saja mini. Tapi ketika tergigit, hmm.. rasanya tak kalah dengan kebab bikinan brand besar..

Kebab itu terbungkus dalam kertas cokelat dan ada tulisan kertas putih-sebagai perekat- namanya kebab ABCDE (nama disamarkan). Hmm, langsung tercetus ide untuk menulis tenang brand atau merk dagang.

Sayang sekali, kebab seenak itu tidak memiliki logo. Minimal sang penjual memberi nomor hp pada pembungkusnya, supaya pembeli-yang ingin memesan dalam jumlah banyak-bisa menghubunginya.

Inilah salah satu kelemahan ukm / pengusaha kecil. Mereka lupa bahwa brand itu sangat penting. Sudah ada nama? Syukurlah. Tapi sudahkah anda membuat logo? Sudahkah anda memikirkan packaging alias pembungkusan dengan indah dan profesional. Misalnya jika anda pengusaha tape bondowoso. Jika kresek yang anda beri sebagai pembungkus besek tapi memiliki sablonan nama toko anda, beserta nomor hp-nya, maka orang akan …

Korban Parang

Di kanan hijau, di kiri hijau. Sinar mentari pagi menerobos hutan dengan lembut. Parang yang terhunus di tangan kanan siap membawa korban...

Sebatang pohon pisang.

Marketing Nyeleneh

Gambar
Salah satu kata kunci agar klien mencari bahkan berlangganan dengan kita adalah keunikan berpromosi. Ya..Ingatkah anda akan iklan biskuit yang pakai tag "dijilat, dicelupin". Dengan membuat iklan yang unik, sang sutradara berhasil membangun korelasi antara dijilat dengan biskuit enak. Dan saya juga pernah membaca iklan di sebuah majalah. Iklannya dipasang terbalik. Salah cetak? Tidak..Iklannya sengaja dipasang terbalik agar diperhatikan dan dibaca oleh orang.

Dan coba lihat gambar di atas. Itu adalah banner percetakan milik saya. Bisakah anda membaca tulisan di bawah kata "percetakan" ? . Sepintas terlihat seperti huruf kanji jepang atau china..Padahal itu font lain, tulisannya Royal Corps. Mengapa ganti font, bukan pakai font tnr atau arial yang mudah dibaca? Biar orang-orang bingung, hehehhe. Mereka akan ingat selalu banner percetakan kami, dan insyaAllah akan menjadi calon klien.

Ya, jadi marketing memang harus berpikir kreatif dan beda. Malah ide paling nyelen…

Yang Bikin Anda Mudah Gemuk

Banyak wanita yang terjebak dalam kegemukan, tanpa menyadari sebabnya. Sudah diet mati-matian, tapi tetap gemuk juga?Apa yang harus dilakukan?

Ternyata ada beberapa penyebab obesitas yang kadang tidak kita sadari:

1. Minuman manis.
Tahukah anda, 1 kaleng soda mengandung 136 kalori. Sedangkan 100 gram nasi putih mengandung 175 kalori. Jadi kalau habis makan terus minum soda, seperti makan 2 piring dong. Gimana gak bulat??

2. Malas
Di kantor, jam makan siang, minta tolong ob belikan makanan. Pengen secangkir kopi minta tolong ob lagi. Di rumah, pengen makan mie, nyuruh prt untuk membuatkan.

Kemana mana bawa motor, wuzz wuzz. Butuh minuman? Beli yuk di minimarket. Eh tapi kalo minimarketnya cuma 500 meter dari rumah, kok naik motor? Mau shalat di masjid naik motor. Dikit dikit naik motor. 

Akhir minggu, biar gak kejebak macet, tinggal di rumah saja. Bosan? Lalu kita buka laptop atau hp, main fb. Atau chatting dan bbm sana sini. Kita duduk dan main hp seharian.
Kalau gini kapan bergera…

Godaan Diet

Ketika berat badan melonjak, huaa! Bulan lalu sampai ditegur dokter karena obesitas. Ya, sejak menikah saya langsung hamil 2x, melahirkan, menyusui, ngurus anak, jadi..lupa olahraga. Hehehhe. Padahal dulu olahraga nyaris setiap hari.

Kata orang jadi busui (ibu menyusui) itu enak karena diet alami. Tapi saya? Habis nyusuin, lapar. Gak olahraga, ada prt. PAsif, kurang gerak, ngemil terus. Tiga tahun ini suka sekali masak dan bikin kue. Jadi jarum timbangan bergeser ke kanan, pelan-pelan.

Akhirnya resolusi 2015 saya adalah MENURUNKAN BERAT BADAN. ditulis besar-besar biar kesampaian, hehehe. Sudah beli beras merah, buah-buahan. Mau ganti konsumsi nasi putih jadi nasi merah atau kentang. Ngemilnya diganti buah, Tapi..

Tiap buka kulkas ada aja godaannya. Di freezr ada nugget, roti maryam, risol mayo. Jadi diet apa enggak nih? Hiks..Kayaknya susah kurus kalo di rumah mama, semua tersedia. Yasudah, bersyukur saja. Di saat semua mahal, saya malah disogok macam macam oleh mama, dikasih oleh ole…

Naik Turun

Seminggu ini merasa naik turun mood. Mak (prt) pulang, bukan ngerayain tahun baru. Tapi karena ada kegiatan maulid nabi di kampungnya (selametan dah). Tubuh capek, kurang tidur. Dikejar deadline percetakan dan juga penerjemahan.

Eh Jum'at sore diajak mama makan di restoran. Mood kembali naik. Makan daging sapi lada hitam, minumnya es teler. Adik-adik makan ayam bambu (ayam betutu). Dalam hati mbatin, ah eike pernah masak ini, hehe. Saladin ogah makan nasi, cuma minum es.

Besok paginya? Waduh, Saladin diare ! Malam-malam minum es tanpa makan nasi dulu. Segera ngasih sirup zinc lalu beli lacto-b di apotik. Seharian dia sensi, manja, dan nangis terus. Kasihan. Alhamdulillah esok paginya udah baikan, bisa lari-lari lagi walau tak selincah biasanya. Sudah mau makan nasi.

Sorenya eike dapat kabar gembira dari salah satu teman fb (rekan seller di mp) kalau menang kuis. Alhamdulillah dapat pulsa 50.000 (biasanya kalo isi pulsa paling pol cuma 25.000 xixixi).

Senin, mulai aktifitas sepert…

Nonton Bisokop

Tiba tiba keingat waktu SD. Nonton bioskop untuk pertama kalinya bareng mama-papa, dan dek doni. Sebelum berangkat foto-foto dulu, heheh. Ada satu foto yang saya suka, karena dek doni melet :p. Kami berangkat ke bioskop nonton film Jurrasic Park. Filmnya ngehits banget tahun 90-an (saya lupa kejadiannya tahun berapa ya, maafkan).

Sampai bioskop, gelap (ya iyalah). Paling serem waktu adgan keluarnya T-Rex. Air liurnya netes netes gitu. Mata saya tertutup oleh bando. Dan, "huaaa". Ternyata dek doni nangis melihat T-Rex di layar. Waktu itu dia baru TK B, sekitar umur 5 tahun. Terpaksa mama menggendongnya keluar bioskop.

Tahun 2005 gantian saya yang mengajak dek ocha nonton, Waktu itu dia baru kelas 3 SD. KAmi bertiga, saya, dek doni, dan dek ocha, nonton di bioskop mandala. Filmnya Harry Potter yang seri ketiga. Sebelum nonton mampir dulu ke supermarket beli snack dan minuman. Sampai di bioskop, untung antriannya gak panjang. Di dalam bioskop, Ocha malah asyik makan snack (kare…

Rindu

Rindu. Serindu rindunya. Padamu, nek! mbah uti yang jauh disana, di jepara. Tahun 2009 sempatku bermukim disana..menemanimu..sekarang? aah. Mungkin mbah juga kangen cucu pertamanya. dan buyut pertamanya. kau banggakan kehadirannya " aku wis nduwe buyut".

Apa benar nenek selalu memanjakan cucunya? Yang kuingat dulu..pernah dibawa jalan2 ke mall. beli jeruk. Atau dibawa ke stasiun radio. Mbah siaran ( siaran dakwah). Pulangnya naik becak.

Kata seorang teman aku mirip. dengannya. sama sama centil hehehe. Malah kadang kalah centil. Gamisnya 300ribu. Lipstiknya revlon. Alamak..Sejak jadi ibu saya malah jarang dandan. Nenek dulu perias pengantin. Tak heran kalau masih suka dandan. puasa. dan masih kuat ssnam jantung sehat.

Malaj kadang heran mengapa jadi lebih mirip nenek daripada mama. Nenek suka senam, saya juga. Nenek suka pakai pashmina. Saya juga. Nenek berdagang, saya juga.

Padahal niat awal berdagang untuk membantu kakek. Gaji pns jaman dilu hanay cukup dimakan …